Rekening Tabungan Anak

Anak bisa dibiasakan menabung di rumah dengan celengan maupun menabung di bank selama jangka waktu tertentu. Gunakan celengan, botol kaca, bahkan kantong plastik yang memungkinkannya melihat seberapa banyak uang yang sudah dikumpulkan. Setelah mendapatkan sejumlah uang, tunjukkan cinta Bunda dengan membukakan rekening khusus untuk meningkatkan minat menabung sejak dini. di Singapura menyebut bahwa kebiasaan menabung di Singapura erat kaitannya dengan perilaku seseorang dalam membentuk sekaligus menjaga martabat dan harga dirinya. “Menyelamatkan muka adalah persoalan besar bagi kebanyakan orang di Singapura.

Dia menyarankan skema sederhana mengajarkan anak untuk menabung bentuknya melalui tabungan. Misalnya tiap hari anak diberi uang jajan, maka sebelum dibelanjakan disisihkan sejumlah nominal untuk dimasukkan ke dalam celengan tersebut. Hal ini bertujuan agar di masa dewasanya kelak, mereka menjadi sosok yang mandiri dan tidak merepotkan banyak orang. Oleh karena itu, sebelum terlambat, tidak ada salahnya mengajarkan anak menabung sejak kecil.

Tidak seperti saat ini, banyak sekali penyedia jasa yang membantu customer untuk menyimpan uangnya di tempat yang lebih aman, seperti di bank. Program ini dijelaskannya, merupakan agendanya tahunan OJK dalam rangka bulan inklusi keuangan, mengajak para siswa untuk gemar menabung dan jika sudah mengetahui manfaat inklusi, jatuhnya ke literasi keuangan. Terkadang uang tabungan anak tidak terlalu banyak, dan untuk membeli sesuatu yang ia inginkan dengan uang hasil tabungan membutuhkan waktu lama.

Paling simple bagaimana menyisihkan uang untuk membeli mainan kesukannya. Cara ini dapat meningkatkan semangat si kecil untuk menabung dan mengatur keuangannya agar goal-nya cepat tercapai. “Otoritas Jasa Keuangan bersama industri jasa keuangan khususnya financial institution umum dan BPR saat ini sedang melakukan kegiatan edukasi untuk menumbuhkan budaya menabung sejak usia dini. Kegiatan dimaksud telah direalisasikan melalui inisiasi program Simpanan Pelajar (SimPel/SimPel iB) yang memiliki fitur bebas biaya administrasi dan setoran yang terjangkau,” ujar bupati. Sebagai orangtua, sudah sepatutnya mengajarkan anak dari usia sedini mungkin untuk sudah mengerti betapa manfaatnya menabung. Sehingga, mereka sudah mengerti bahwa mempersiapkan uang untuk masa depan merupakan sesuatu yang penting.

Inilah yang akan membantu kamu lebih mandiri dalam finansial dan tidak bergantung lagi oleh orang lain. Bukan tidak mungkin kamu bisa membantu mereka lewat tabungan yang sudah kamu lakukan. Bukan hal yang mudah tentunya memberikan pemahaman kepada buah hati menyangkut tentang uang. Sehingga memberikan pemahaman pada anak tentulah harus dapat dengan mudah untuk dipahaminya.

Pentingnya menabung sejak dini

Hutang atau kredit merupakan salah satu kebiasaan hidup masyarakat yang sangat sulit dihindari. Terutama jika kita mengalami keadaan darutat seperti sakit atau terkena hal-hal lain. Dan hal-hal seperti itu membutuhkan dana yang tidak sedikit, sehingga terpaksa untuk mengambil uang dari kartu kredit atau berhutang ke bank atau perorangan.