Menjaga Kesehatan Di Masa Pandemi

Diet degan makan makanan sehat dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membuat tetap sehat. Upayakan untuk mengikuti pedoman Gizi Seimbang, perbanyak makan buah-buahan, dan sayuran. Hindari makanan yang tidak sehat dan jangan merokok, serta jangan minum minuman beralkohol. Melihat resiko dan bahayanya, penting bagi semua orang untuk lebih memperhatikan kesehatan di masa pademi.

Mulai bekerja seperti biasa, belajar secara rutin, serta melakukan aktivitas lainnya. Satu hal penting, semua aktivitas yang dilakukan hendaknya bisa membawa kondiisi fisik dan mental kita tetap terjaga baik,dan tidak mengalami gangguan. Seperti diketahui, imun yang rendah mungkin akibat mengalami gangguan fisik dan psychological, justru berpotensi membuat kita rawan terinfeksi virus corona. Dengan demikian kita berharap bisa melindungi diri dan orang sekitar kita dari virus corona. Covid-19 sampai saat ini belum ditemukan vaksin dan obat yang spesifik.

Masyarakat yang mengalami stres berkepanjangan selama masa pandemi sebaiknya berkonsultasi kepada psikolog, psikiater atau tenaga skilled lainnya. Mencari pertolongan bukanlah hal yang memalukan, melainkan suatu kebaikan untuk diri sendiri dan orang lain. Meski demikian, Ali menekankan perlunya edukasi Bandar Slot Online konsumsi dengan pola gizi seimbang. Di dalamnya juga menekankan hidup sehat adalah hidup yang tidak melupakan konsumsi buah dan sayuran. Penelitian mengungkap bahwa orang yang terbiasa mengonsumsi sayur dan buah dapat terhindar dari penyakit, seperti flu, demam, dan cenderung memiliki sistem imun yang lebih kuat.

Jadi, dengan mendapatkan vaksin COVID-19, anda tidak hanya melindungi diri sendiri, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum memiliki kekebalan terhadap virus Corona. Sejak vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, tidak sedikit masyarakat yang belum setuju akan anjuran pemerintah untuk menjalani vaksinasi COVID-19. Padahal, pemberian vaksin ini sangatlah penting, bukan hanya untuk melindungi masyarakat dari COVID-19, tetapi juga memulihkan kondisi sosial dan ekonomi negara yang terkena dampak pandemi. Minum air putih yang banyak akan memastikan darah membawa banyak oksigen yang kemudian didistribusikan ke sel-sel di seluruh tubuh kita.

Menurut Allparis, selama pandemi Covid-19 belum berakhir, protokol kesehatan tetap penting dijalankan di mana pun, kapan pun, dan dalam kondisi apa pun. ”Sekalipun di tempat yang jauh di pedalaman dan terpencil seperti di Napu ini, protokol kesehatan tetap harus dijalankan. Semua harus menjaga jangan sampai gereja menjadi kluster penularan Covid-19,” tuturnya. Tinggal di pedalaman Pegunungan Meratus dan belum ditemukan kasus Covid-19, masyarakat di Desa Cantung Kiri Hulu, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, tetap mematuhi protokol kesehatan. Akan tetapi sepertinya masih banyak orang yang kurang peduli akan hal itu. Terbukti dari banyaknya korban jiwa yang diakibatkan penyakit-penyakit yang menyerang jantung.

Kesehatan tubuh kita selama pandemi

Tips atau cara meningkatkan imun tubuh yang paling penting untuk dilakukan yaitu mengelola stress dengan baik. Aktivitas merokok baik dengan rokok elektronik atau nikotin tetap saja dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya perokok aktif, namun perokok pasif juga akan terkena dampaknya ketika menghirup asap rokok.

Dengan membawa alat makan sendiri, kamu akan lebih mengetahui kebersihan peralatan tersebut. Pastikan jangan sampai terjadi penggunaan alat makan bersama-sama karena virus corona bisa menyebar lewat percikan air liur yang menempel di sendok. Sering-seringlah cuci tangan dengan sabun, saat sebelum makan, setelah batuk atau bersin, setelah memegang barang di tempat umum seperti pegangan pintu, tangga, dll. Mulut yang sehat secara tidak langsung juga akan meningkatkan kekebalan/ sistem imunitas tubuh sehingga tidak mudah sakit. Benar bahwa vitamin adalah kunci utama dalam menjaga imunitas tubuh. Melihat angka kasus terkonfirmasi virus corona yang masih tinggi, kita perlu sadar bahwa virus ini nyata dan dapat menyerang siapa saja.

Tapi sebelum itu, ada baiknya untuk mengkonsultasikannya dengan dokter. Vitamin E juga kaya kandungan antioksidan yang memiliki fungsi penting dalam menghalau serangan radikal bebas dalam tubuh. Seperti yang diketahui, radikal bebas merupakan molekul yang berbahaya. Dimana bisa mengakibatkan kerusakan pada jaringan, sel dan organ tubuh. Pastikan jangan mengonsumsi suplemen vitamin B6 hingga melebihi angka 10 mg. Terkecuali hal tersebut memang atas rekomendasi dari dokter yang memberikan perawatan.