Jadi Guru Sehari, Wabup Ajarkan Siswa Menabung Sejak Dini

Ingatlah bahwa semakin banyak Anda menyetor, semakin banyak bunga yang dapat Anda hasilkan seiring waktu. Selama pandemi covid-19 banyak orang yang berjuang untuk menabung, sementara sebagian lainnya tidak menabung. Salah satu alasan potensial untuk hal ini mungkin karena banyak yang tidak aktif menggunakan rekening tabungan. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang takut akan risiko tetapi masih mengharapkan pertumbuhan investasi yang tinggi, Bank Yudha Bhakti memiliki solusi. Bank ini memiliki produk deposito123 yang memberikan nasabah kesempatan menetapkan bunga. Semakin dini menabung dan investasi, maka akan memperbesar ruang gerak.

Selain biaya administrasi dan setoran awal yang ringan, tabungan SIMPEL di Sinarmas juga dilengkapi dengan kartu ATM dan buku tabungan atas nama siswa. Para pemilik tabungan SIMPEL akan mendapatkan buku tabungan lengkap dengan nama pemilik. Hal ini diharapkan bisa menumbuhkan tanggung jawab mengelola uang sejak dini. Sesuai dengan namanya, program tabungan ini diluncurkan untuk mengedukasi anak-anak dan pelajar mengenai pentingnya menabung sejak dini.

Buah hati Moms akan memperkirakan besar uang yang dapat ia kumpulkan setiap bulan untuk membeli sesuatu. Hal ini akan menumbuhkan nilai-nilai yang baik bagi dirinya dan ikut merasakan perjuangan dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Dalam menjalankan permainan ini, kata Sari, anak-anak akan merasa bermain secara nyata karena dalam permainan ini pemainnya akan memiliki uang monopoli yang dapat digunakan dalam permainan. Game Monopoli ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran anak-anak mengenai pentingnya menabung sejak dini dan dapat memicu semangat anak-anak untuk menabung. Selain meningkatkan semangat menabung, ada edukasi pengelolaan keuangan sejak dini yang bisa didapat bahkan di tingkat SD.

Inilah yang akan membantu kamu lebih mandiri dalam finansial dan tidak bergantung lagi pada orang lain. Sebelum memilih untuk membuka tabungan di suatu financial institution, Anda harus jeli dalam melihat hal ini. Semakin kecil potongan atau bahkan jika ada yang tidak memiliki potongan, uang anak Anda akan bisa lebih bertumbuh. Sebaiknya cari financial institution yang mensyaratkan minimal setoran selanjutnya yang paling kecil. Jumlah uang yang dimiliki anak untuk disetor biasanya berjumlah kecil, jadi jika jumlah setoran minimumnya juga kecil, mereka akan bisa kapanpun menyetor uangnya ke bank.

Hal ini akan terus bisa dipraktekkan anak ketika ia sudah besar dalam mengatur keuangannya. Tujuan utama dari setiap orang yang ingin menabung yaitu untuk merencanakan dan mempersiapkan masa depannya. Seseorang yang ingin memiliki masa depan cerah mereka pastinya akan menabung sejak dini. Biasanya mereka akan menabung untuk pendidikan setiap anaknya, sehingga anak-anak mereka tidak akan mengalami kekurangan dan kesulitan ketika mengenyam bangku pendidikan.

Jika sudah punya tabungan sendiri, Anda bisa menggunakannya kapan saja. Dengan menabung, Anda bisa mengumpulkan uang sebanyak mungkin sebelum memulai investasi jenis apa pun, seperti saham, properti, emas, dll. Banyak manfaat datang dari tabungan atau menabung uang sejak dini, berikut adalah manfaat tabungan untuk kehidupan masa depan Anda. Bisa juga karena salah satu dari anggota keluargamu meninggal dan ternyata dia adalah tulang punggung keluarga. Setidaknya, dana yang kamu miliki tersebut bisa menjauhkan kamu dari stres akibat persoalan keuangan yang diakibatkan permasalah tersebut.

Misalnya untuk biaya anak masuk kuliah, untuk membeli aset, untuk kehidupan di masa pensiun, untuk biaya pengobatan, dan untuk kebutuhan lainnya. Misal anak sangat ingin membeli mainan terbaru yang harganya cukup mahal, selalu motivasi anak untuk menyisihkan uang jajannya agar impiannya segera tercapai. Orang yang tidak menabung untuk tujuan tertentu dapat menggunakan rekening tabungannya sebagai dana darurat. Pakar keuangan pribadi merekomendasikan memiliki setidaknya tiga hingga enam bulan biaya hidup dalam tabungan yang dapat membantu Anda jika terjadi kesulitan keuangan. Menabung merupakan istilah yang artinya adalah suatu aktifitas yang dilakukan untuk menyimpan uang untuk mencukupi keperluan di masa mendatang.

Pentingnya menabung sejak dini

Diperlukan kedisiplinan dan tekad yang kuat agar bisa menyisihkan uang secara rutin untuk ditabung. Misalnya, dengan mengurangi pembelian barang yang bukan kebutuhan dan mengurangi bepergian yang bisa menghabiskan uang. Proses pembelajaran mengelola uang kemudian dapat dilanjutkan dengan mengajarkan anak untuk berbagi. Patut diperhatikan bahwa tiap financial institution punya aturan berbeda soal setoran lanjutan. Oleh karena itu ada baiknya orang tua melakukan survei dulu sebelum membuka rekening untuk anak.

Namun, orang tua pun juga wajib membantu anak mengaplikasikan hal tersebut di kehidupan nyata. Pembentukan karakteristik sejak dini ini bisa dilakukan lewat kebiasaan yang terus dilakukan secara berulang. Tak hanya akan terbiasa menabung, kebiasaan yang dilatih sejak kecil akan membuat buah hati terlatih untuk disiplin, serta dapat mengatur prioritas dan cerdas dalam mengambil keputusan. Bandung, Zonabandung.com,- Anak adalah harta paling berharga yang dimiliki oleh setiap orang tua.