5 Tips Agar Si Kecil Menghargai Perbedaan

Meski kamu lebih percaya diri dengan keputusan sendiri tidak ada salahnya juga mendengar saran baik dari mereka. Setidaknya kamu telah mencoba memahami bahwa ada orang lain yang mendukung dirimua. Jika kamu senang ada yang mendukungmua itu juga pertanda kamu menghargainya.

“Jadilah calon pemimpin bangsa yang berintegritas, memahami keberagaman dan arif mengelola kekayaan sumber daya untuk membangun bangsa yang berdaulat adil dan makmur,” ujar Andi Ilham mengawali paparannya. Membahagiakan orang tua di rumah akan membuat orang tua bangga. Republlik Indonesia adalah Negara hukum yang berdasarkan falsafah Pancasila, Karena itu, rumusan Dasadarma Pramuka berisi penjabaran dari Pancasila dalam kehidupannya sehari-hari.

Belajar untuk mengahrgai sesama orang

Selain belajar menerima kekalahan, anak juga harus mampu menghormati tim lawan ketika menang. Bahkan, Ibu juga bisa mendorong anak untuk menyemangati lawannya yang kecewa karena kalah. Biasakan juga anak menunjukkan rasa hormat dengan cara bersalaman setelah pertandingan, baik ketika kalah maupun menang. Mengajarkan anak menghargai sesama berdasarkan ideas di atas dapat didukung dengan media movie, buku, cerita ataupun melalui permasalahan sosial yang dihadapi anak sehari-hari.

Suka melakukan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial. Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan gaya hidup mewah. Tidak menggunakan hak milik untuk usaha-usaha yang bersifat pemerasan terhadap orang lain. Musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur.

Ajaran agama dan ajaran sopan santun telah mengajarkan bagaimana menghargai dan menghormati orang tua. Zakheus adalah seorang kaya yang tidak disukai oleh sesama orang Yahudi, karena ia dianggap sebagai alat pemerintah Romawi untuk memungut cukai dan memeras kaum sebangsanya. Namun Yesus tidak memedulikan stigma buruk Zakheus di tengah masyarakat, Ia memandang Zakheus sebagai pribadi yang berharga. Ia menyapa Zakheus dengan menyebut namanya, bahkan Yesus mau datang dan makan di rumahnya. Perlakuan Yesus ini bukan hanya membuat Zakheus merasa dihargai, namun Zakheus juga mengalami perubahan hidup yang luar biasa. Dari seorang pemungut cukai menjadi orang yang murah hati, bahkan mau mengembalikan 4 kali lipat kepada orang yang pernah diperasnya.

Bersikap sopan terhadap orang lain adalah salah satu untuk menghargai orang. Ketahui frasa dan gerakan apa yang dikomunikasikan sehubungan dengan orang lain. Misalnya dirimu mengatakan “Tolong” ketika membutuhkan bantuan dan katakan “Maaf” jika secara tidak sengaja melakukan kesalahan. Tidak mengarahkan jari pada orang lain karena itu tidak pernah dianggap sopan. Kuncinya adalah untuk mempraktikkan ini dimana pun dan dengan siapa pun dirimu bertemu orang. Terinspirasi dari kehidupan dan teladan dari Mahatma Gandhi, QNET meletakkan dasar bagi filosofi bisnisnya, yaitu RYTHM , yang peduli, membantu dan meringankan beban sesama serta berkomitmen mensejahterakan sesama.

Jika dirimu adalah seseorang yang sedang dalam proses membangun hubungan yang lebih baik dengan teman, mitra, atau keluarga, dirimu akan menemukan bahwa langkah pertama dalam latihan ini adalah untuk menghormati mereka. Hanya dengan begitu dirimu dapat membangun rasa saling percaya, atau bahkan cinta. Berikut ini beberapa cara mudah untuk mempraktikkan rasa hormat kepada orang lain. Aksi bullying yang dilakukan anak-anak di sekolah atau di tempat bermain bisa mempengaruhi psychological, dapat menimbulkan sikap anti sosial yang ujung-ujungnya menghancurkan cita-cita dan masa depan anak-anak. Memiliki sikap menghargai orang lain merupakan hal yang wajib, dengan begitu kita dapat belajar menghormati seseorang baik karyanya, kebiasaan, hingga pekerjaannya. Ada berbagai cara bisa kamu lakukan untuk menghargai orang lain, walau dengan cara sederhana namun dapat membuat orang akan ikut menghargaimu juga.

Istilah privasi berarti tentang memiliki hak tersendiri untuk mengatur seberapa banyak akses yang dapat kita berikan kepada orang lain untuk masuk ke ruang pribadi kita. Seiring bertambahnya usia remaja, otak anak juga akan mulai berkembang dan mereka juga tentunya memperoleh keterampilan dalam berpikir dan mengembangkan minat sosialnya. Wajar saja jika anak mendambakan privasi dan ruang ketika menekuni minatnya tersebut.